Thursday, January 28, 2016

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh
Jeruk merupakan buah yang sangat terkenal karena banyak mengandung vitamin C dan masih banyak lagi kandungan lain yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Jeruk juga sangat mudah ditemui dan dijumpai baik dipasar tradisional bahkan hingga pasar swalayan telah banyak tersedia buah segar ini. Buah jeruk dapat kita konsumsi secara langsung ataupun sebagai bahan campuran pelengkap makanan, bisa juga dioleh terlebih dahulu seperti dibuat jus dan banyak juga produk-produk ternama yang dibuat dari bahan utama jeruk ini. Aroma khas dari buah jeruk juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan pengharum ruangan maupun untuk aroma rileksasi karena aromanya yang menenangkan.

Buah jeruk termasuk dalam mrga citrus yang berasal dari suku rutaceae. Kandungan asam sitrat dalam buah jeruk membuat buah ini terasa masam namun sangat menyegarkan. Selain buahnya, daun buah jeruk ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan penyedap dalam pembuatan berbagai macam makanan. 

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah jeruk sangat baik untuk tubuh karena selain vitamin C yang banyak dalam buah jeruk, terdapat juga nutrisi lainnya yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan sebagian dari kandungan buah jeruk juga dapat bermanfaat untuk mempercantik kulit. Kandungan lain dalam buah jeruk ini antara lain, vitamin A, B1 dan B2, serat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, fruktosa, kalium, limonoid, poliphonel, flavonoid, karetonoid, gula, beta karoten dan juga karbohidrat.

Banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah jeruk tersebut berbandung lurus dengan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh oleh tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Beberapa manfaat penting yang dapat diperoleh tubuh dengan mengkonsumsi buah jeruk antara lain :

Manfaat Buah Jeruk Untuk Tubuh


Vitamin C yang terdapat pada buah jeruk dapat membantu memerangi radikal bebas yang juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker. Jeruk yang dikonsumsi tubuh memiliki jumlah vitamin C yang cukup untuk digunakan dalam teraupik kanker dengan dipadukan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran lain dapat menurunkan resiko kanker kolorektal. Dengan mengkonsumsi jur jeruk maupun pisang secara rutin dan teratur selama 2 tahun lebih juga dipercaya dapat mengurangi resiko pengembangan leukimia.

Jeruk memiliki berbagai kandungan seperti vitamin C, serat, kolin serta kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita. Dari sejumlah penelitian yang dilakukan, seseorang yang telah mengkonsumsi 4069 mg kalium memiliki resiko 49% lebih rendah dari kematian akibat serangan jantung dibandingkan yang kurang mengkonsumsinya. Jeruk juga merupakan salah satu buah yang memiliki kalium yang sangat baik untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Dengan sering mengkonsumsi jeruk secara teratur dan berkelanjutan terbukti dapat menurunkan tingkat resiko terkena stroke iskemik bagi para perempuan dari pada mereka yang kurang mengkonsumsi buah jeruk. Penelitian ini telah dilakukan oleh American Heart Associate yang menyatakan bahwa senyawa yang terkandung dalam buah jeruk bermanfaat baik untuk menurunkan resiko stroke hingga 19% bagi para wanita yang sering mengkonsumsi buah jeruk ketimbang yang jarang mengkonsumsinya.


Vitamin C pada buah jeruk bersifat sebagai antioksidan yang bila dimakan ataupun diolah untuk dioleskan pada kulit dapat membantu mencegah terjadinya kerukanan pada kulit yang disebabkan berbagai hal dari akibat terkena sinar matahari langsung bahkan polusi. Vitamin C pada buah jeruk juga berperan sangat penting untuk pembentukan kolagen yang bermanfaat sebagai pendukung kulit serta dapat mengurangi keriput pada kulit dan mampu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.


Mengkonsumsi jus jeruk secara rutin setiap harinya dipercaya mampu mencegah terjadinya batu ginjal, namun mengkonsumsi jus jeruk tidak boleh berlebihan karena jeruk juga mengandung gula yang cukup tinggi.

Jeruk juga memiliki kandungan caritenoid salm didalamnya yang mampu melakukan proses perubahan menjadi vitamin A yang merupakan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata.


Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti, kandungan asam float atau vitamin B5 pada buah jeruk terbukti mampu menjaga fungsi otak karena asam float pada jeruk dapat membantu proses perkembangan pada otak dan menjaga kondisi organ vital dalam keadaan prima. Kandungan fotonutrien pada buah jeruk juga sangat baik untuk membantu meningkatkan daya ingat dan memori otak.

Rasa asam sering dianggap tidak baik untuk sistem pencernaan tubuh namun, buah jeruk memiliki banyak kandungan minyak alkali yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Didalam 180 gram jeruk memiliki kandungan kalium sebesar 7% dari kebutuhan harian kalsium untuk tibuh, dimana kalsium yang terdapat pada buah jeruk ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang.

Jeruk memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dimana protein merupakan zat yang sangat penting yang dapat membantu pertumbuhan masa otot.
Sebenarnya masih terdapat banyak lagi manfaat dari buah jeruk ini bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita rajin dan rutin mengkonsumsi buah jeruk ini setiap hari agar tubuh terus terjaga kesehatannya.

0 komentar:

Post a Comment